Ticker

6/recent/ticker-posts

Kenali Serangan Virus pada Perangkat dan Cara Pencegahannya

Halo Sobat, pada masa kini, kita hampir setiap saat menggunakan Internet. Baik itu untuk bekerja, berbelanja, atau sekadar untuk mencari hiburan. Hal tersebut dikarenakan semuanya sudah tersedia di Internet. Namun, yang perlu disadari adalah kebiasaan menggunakan Internet dengan tidak berhati-hati sangat berbahaya sekali. Banyak ancaman yang mengintai, salah satunya adalah serangan virus.

Virus tersebut sangat beragam dan cara menginfeksinya pun bermacam-macam. Mulai dari disisipkan pada file atau aplikasi yang kita download, disebarkan melalui jaringan, atau dengan teknik phising dan social engineering. Apapun jenisnya, virus akan sangat berbahaya sekali jika sudah menginfeksi sebuah perangkat.

Contoh dampaknya adalah perangkat bisa tiba-tiba menjadi lambat padahal tidak membuka aplikasi yang berat. Muncul banyak iklan di perangkat. Sampai dengan kehilangan data pada perangkat tersebut. Oleh karena itu, kita harus sadar jika perangkat sudah terkena serangan virus agar bisa langsung memperbaikinya. Berikut ini beberapa ciri-ciri perangkat yang terkena serangan virus dan cara mengatasinya.


1.     Banyak muncul iklan yang mengganggu

Jika perangkat tiba-tiba bermunculan banyak sekali iklan bisa menjadi salah satu tanda perangkat tersebut terkena serangan virus adware. Apalagi jika iklan tersebut bukan berkaitan dengan aplikasi yang sedang digunakan. Virus tersebut bertujuan untuk komersial sampai dengan mencuri data perangkat.

Jika perangkat terinfeksi virus jenis ini cara mengatasinya bisa dengan menginstall aplikasi pemblokir iklan. Namun perlu dilakukan pemeriksaan juga darimana iklan itu berasal. Jika berasal dari sebuah aplikasi, maka kamu dapat menguninstall aplikasi tersebut.

2.      Baterai menjadi cepat habis

Jika baterai menjadi cepat habis walaupun tidak digunakan, kamu harus waspada. Hal ini menjadi salah satu pertanda kalau perangkat sudah terserang virus. Virus jenis ini membuat aplikasi berjalan di latar belakang sehingga mengonsumsi daya baterai yang berlebihan.

Virus tersebut sangat berbahaya sekali bagi kesehatan baterai perangkat karena bisa membuat baterai menjadi cepat drop dan masa pakainya menjadi cepat berkurang.

Jika menemukan hal seperti ini, kamu bisa periksa penggunaan baterai di pengaturan ponsel untuk melihat aplikasi yang mengonsumsi baterai secara tidak normal. Pertimbangkan untuk menguninstall aplikasi tersebut karena bisa jadi virus tersebut berada di aplikasi tersebut.

3.      Muncul aplikasi yang tidak dikenal

Aplikasi berbahaya yang mengandung virus dapat disertakan dalam paket unduhan aplikasi lain. Sehingga ketika kamu menginstall sebuah aplikasi, aplikasi berbahaya tersebut dapat terinstall juga. Oleh karena itu, kamu bisa menemukan aplikasi yang kamu tidak merasa pernah menginstallnya.

Jika menemukan aplikasi mencurigakan, segera hapus aplikasi tersebut karena besar kemungkinan aplikasi tersebut mengandung virus didalamnya. Selain itu, jangan menginstall aplikasi dari sumber yang tidak terpercaya.

4.      Performa perangkat yang menurun

Virus dapat membuat perangkat menjadi lambat atau lag. Hampir sama seperti sebelumnya, virus jenis ini membuat aplikasi berjalan di latar belakang sehingga membuat konsumsi memori atau RAM yang berlebihan. Hal tersebut membuat ruang memori atau RAM menjadi mengecil dan perangkat menjadi lambat karena hanya tersisa sedikit memori atau RAM untuk mengelola perangkat.

Untuk mengatasi hal tersebut yang bisa dilakukan adalah melakukan pemeriksaan aplikasi mencurigakan mana yang mengonsumsi memori atau RAM terlalu banyak dan tidak wajar. Lalu, pertimbangkan untuk membersihkan memori dan menghapus aplikasi yang mencurigakan.

5.      Penggunaan paket data yang berlebihan

Aplikasi yang mengandung virus dapat berjalan di latar belakang dan membuat konsumsi paket data yang berlebihan karena aplikasi tersebut terus-terusan berjalan walaupun tidak digunakan. 

Untuk mengatasi hal tersebut kamu bisa memeriksa penggunaan data di latar belakang dan jika terdapat aplikasi yang mencurigakan maka pertimbangkan untuk menghapus aplikasi tersebut. Kamu juga bisa menggunakan fitur batasi penggunaan data di latar belakang jika memang diperlukan.

Langkah Antisipasi

Seperti kata pepatah, mencegah lebih baik daripada mengobati. Oleh karena itu, akan lebih baik jika kamu melakukan langkah-langkah pencegahan agar perangkat kamu tidak diserang oleh virus. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan:

  • Hal utama yang harus dilakukan adalah segera mengupdate pembaruan perangkat. Pembaruan tersebut biasanya berisikan juga pembaruan keamanan perangkat sehingga kerentanan yang ada pada perangkat sistem dapat diperbaiki.
  • Jangan mengunduh aplikasi atau file dari sumber yang tidak terpercaya. Contohnya aplikasi bajakan atau aplikasi yang sudah di-crack yang beredar di Internet. Besar kemungkinan virus disisipkan pada aplikasi tersebut tanpa kamu sadari.
  • Berhati-hati ketika terhubung ke jaringan wifi publik. Virus juga dapat masuk melalui jaringan Internet yang tidak aman.
  • Jangan mengklik link sembarangan dari sumber yang mencurigakan.
  • Lakukan scanning secara  berkala terhadap aplikasi yang kamu install. Perangkat modern pada saat ini biasanya mendukung fitur ini.
  •  Pertimbangkan menggunakan antivirus yang terpercaya.

Penutup

Umumnya perangkat modern pada saat ini sudah dibekali oleh fitur keamanan yang canggih. Oleh karena itu, segeralah lakukan pembaruan perangkat jika sudah tersedia. Namun, keamanan juga bergantung pada kebiasaan kamu menggunakan perangkat tersebut dan bijaklah dalam menggunakan Internet.

Jika perangkat sudah terinfeksi virus dan cara-cara yang disebutkan diatas masih belum berhasil, pertimbangkan untuk melakukan reset pabrik agar bisa membersihkan virus secara menyeluruh. Namun, cara ini berisiko kamu kehilangan data perangkat tersebut jadi berhati-hatilah.

Keamanan bergantung pada kesadaran diri pribadi. Selalu tingkatkan kesadaran dalam ber-Internet khususnya agar terhindar dari ancaman-ancaman keamanan. Terima kasih Sobat.